PT Posel Teknologi Perkasa

Persyaratan Pengirim Baru Gmail dan Yahoo: Melihat Lebih Dekat

Penyedia email seperti Gmail dan Yahoo! menghadapi perjuangan sehari-hari untuk melindungi mailbox penggunanya. Seperti yang dikatakan Marcel Becker, Sr Director of Product Management di Yahoo!, “Misi utama Yahoo adalah menyampaikan pesan yang ingin diterima konsumen dan menyaring pesan yang tidak ingin mereka terima.”

Spammer dan pelaku kejahatan lainnya tidak akan kemana-mana.

Dalam upaya baru untuk lebih melindungi kotak masuk penggunanya, baik Gmail maupun Yahoo! memperkenalkan serangkaian persyaratan baru yang harus dipenuhi pengirim pada bulan Februari 2024 agar email dapat terkirim ke pelanggan sesuai harapan. Jika pengirim tidak memenuhi persyaratan pada bulan Februari 2024, mereka akan mulai melihat kesalahan sementara yang terjadi pada sebagian kecil email mereka yang tidak mematuhi persyaratan ke penerima Google. Pada bulan April 2024, sebagian kecil email akan ditolak dan persentase tersebut akan meningkat secara bertahap seiring waktu. Persyaratan bagi pengirim untuk menerapkan berhenti berlangganan satu klik tidak akan diberlakukan hingga Juni 2024

Google memberikan contoh dalam postingan blog mereka: Jika 75% lalu lintas pengirim memenuhi persyaratan kami, kami akan mulai menolak persentase dari 25% lalu lintas sisanya yang tidak mematuhi persyaratan.

Kini daftar persyaratan telah dirilis, mari kita lihat lebih dekat setiap persyaratan dan apa yang perlu Anda lakukan untuk memastikan Anda mematuhinya.

Hal ini telah lama dianggap sebagai praktik terbaik di dunia email dan dikodifikasikan dalam dokumen seperti Praktik Umum Terbaik M3AAWG. Dengan pengumuman ini, Gmail dan Yahoo! mengubah praktik terbaik ekosistem menjadi persyaratan yang dapat ditegakkan. Hingga saat ini, Google telah memberikan rincian lebih lanjut mengenai persyaratan ini, jadi kami akan fokus pada daftarnya untuk saat ini.

1. Siapkan autentikasi email SPF dan DKIM untuk domain Anda.

Apa artinya? 

DomainKeys Identified Mail (DKIM) dan Sender Policy Framework (SPF) adalah dua bentuk dasar otentikasi email. DKIM menggunakan enkripsi asimetris untuk menandatangani dan memverifikasi email Anda. SPF memungkinkan Anda mencantumkan semua alamat IP yang diizinkan untuk mengirim email atas nama domain Anda. Saat Anda membuka akun SendGrid, Anda diminta untuk menyiapkan data SPF dan DKIM. Ini adalah komponen standar proses orientasi kami, mengingat pentingnya industri dalam mengamankan domain pengirim.


2. Pastikan domain atau IP pengirim memiliki valid forward and reverse DNS

Apa artinya? Reverse DNS memungkinkan penyedia email memverifikasi pengirim ketika mereka melakukan pencarian DNS  setelah menerima email yang Anda kirim. Saat Anda memperbarui penyedia DNS Anda dengan catatan DNS yang disediakan oleh SendGrid, dan kemudian mengirim email melalui IP Anda, penyedia layanan email penerima melakukan pencarian DNS terbalik (rDNS) menggunakan A Record

A Record memetakan domain Anda ke alamat IP Anda. Saat penyedia kotak surat mencari A Record Anda, mereka melihat alamat IP SendGrid Anda. Saat mereka melihat alamat IP Anda, mereka melihat rDNS yang cocok dengan A Record Anda. Pemeriksaan melingkar ini membuktikan keterkaitan IP SendGrid Anda dengan domain Anda dan keterkaitan domain Anda dengan IP SendGrid Anda.


3. Pertahankan tingkat spam yang dilaporkan di Alat Postmaster di bawah 0,3%.

Apa artinya? Pengirim harus mempertahankan tingkat keluhan spam mereka di bawah 0,3% di Google Postmaster.


4. Siapkan autentikasi email DMARC untuk domain pengirim Anda.

Apa artinya? DMARC (Otentikasi, Pelaporan & Kesesuaian Pesan Berbasis Domain) adalah standar yang dibangun berdasarkan SPF dan DKIM. DMARC mengomunikasikan kebijakan kepada penyedia email yang memberi tahu mereka apa yang harus mereka lakukan ketika mereka menerima email yang gagal dalam pemeriksaan SPF, DKIM, atau SPF dan DKIM yang mengaku berasal dari domain Anda (mungkin palsu).

Banyak mitra Zimbra telah menerapkan DMARC dan karenanya tidak akan terpengaruh oleh kebijakan baru ini. Jika Anda tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang penerapan persyaratan baru ini, lihat seri webinar SPF, DKIM, dan DMARC kami.

PT Posel Teknologi Perkasa

Grand Slipi Tower, Lantai 5 Unit F

Jalan Letjen S. Parman No.Kav. 22-24, RT.1/RW.4, Kecamatan Palmerah, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta 11480

Email: sales@posel.co.id

Profile Kami

Email Backup